Selasa, 13 Juni 2017

Empal Gentong, Makanan Khas Indonesia Daerah Cirebon, Jawa Barat



Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Empal Gentong, Provinsi Jawa Barat ada banyak macam suku. Mayoritas Suku Jawa Barat adalah bahasa sunda. Tapi, ada beberapa suku lainnya yang ada di Provinsi Jawa Barat. Salah satu dari mereka adalah suku cirebon. Ini adalah kuliner makanan khas daerah cirebon, Jawa Barat. Lebih spesifik, dikatakan bahwa empal gentong berasal dari desa battembat, central tani karo, Kabupaten Cirebon.



Dalam presentasi makanan ini biasanya disajikan menggunakan daun bawang (kucai) dan di disertai dengan saus cabai dalam bentuk penggilingan kering. Selain itu, empal gentong biasanya disajikan dengan nasi atau lontong. Siapa yang akan berpikir bahwa ini awalnya masakan sederhana sekarang merupakan masakan khusus yang dikenal dalam masyarakat luas.

Empal gentong adalah kombinasi dari bahan baku makanan itu lemak daging sapi dan cara memasak menggunakan empal gentong. Komunitas Di Cirebon, empal adalah curry bukannya dendeng atau gepuk. Empal itu jadi makanan khas cirebon bisa dibilang semacam soto dan gulai (gule). Cara makan itu bisa seperti soto dimakan bercampur dengan lontong atau nasi.

Lontong untuk komunitas dari cirebon adalah beras itu dimasukkan ke dalam daun pisang yang sudah terbentuk silinder. Tidak ada campuran lain, lalu direbus selama 4 jam. Perbedaan empir cirebon dengan orang lain adalah cara memasak dengan perlengkapan memasak yang unik yang menggunakan tong (pot tanah liat). Peculiarity membuat empal gentong cirebon lebih lezat karena jus dari empal gentong spice melekat di laras. 

Selain itu, bahan bakar untuk memasak makanan ini adalah dengan menggunakan kayu bakar dari pohon mangga. Peralatan memasak khas juga menambahkan saus empal gentong yang memiliki selera tinggi. Sambal empal gentong adalah super pedas. Bahan dasar dari sambal empal gentong adalah cabe rawit kering. Empal gentong dalam membuat waktu yang dibutuhkan adalah 5 jam.

Tentang Suku Cirebon

Suku Cirebon di pantai utara memiliki keragaman budaya bahkan cirebon adalah suku suku yang memiliki "budaya sendiri" dan mandiri. Suku pun cirebon adalah kombinasi dari dua suku utama dari jawa dan suku sunda. The akulturasi dari dua suku melahirkan suku independen yang berbeda dari suku sunda dan jawa. Hal ini terlihat dari jejak sejarah berisi dan terungkap dalam buku purwaka caruban nagari, nama "Cirebon" berasal dari kata sarumban yang jika diucapkan kemudian menjadi caruban.

Sebagai pengembangan caruban berubah menjadi karbon, cerbon dan akhirnya menjadi cirebon. Sarumban memiliki makna, maka campuran cirebon berarti campuran.

Postingan Populer