Senin, 19 Juni 2017

Bika Ambon, Makanan Khas Indonesia Daerah Ambon, Sumatera Utara


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Bika Ambon | Bika Ambon berwarna kuning datar permukaan kue, yang tampak seperti pori-pori kulit manusia, dan bagian bawah itu sulit, sisa-sisa hot temps di bagian bawah pan. Bika Ambon makanan khas ambon biasanya disajikan dalam potongan persegi. Ketika makan, rasa yang bercampur dengan sensitivitas mengunyah di lidah. Pandan wangi aroma menyengat.



Setelah mendengar nama kue bika ambon, mungkin pertanyaan bahwa pengaturan yang datang ke pikiran adalah mengapa nama dan asal dari makanan kontras sangat berbeda. Meskipun dinamakan demikian ambon, kue ini tidak datang dari ambon, sebuah provinsi di Indonesia Timur, tetapi berasal dari ibukota medan, Sumatera Utara. Bika Ambon dikenal sebagai cemilan nusantara sebagai kuliner khas dari medan, Sumatera Utara.

Sejarah kenapa bika ambon dari medan
Bika nama sendiri menurut sumber inspirasi dari khas melayu adalah bika atau kue bingka yang kemudian dimodifikasi dengan menambahkan pengembang dari bahan-bahan dari tuak nira enau agar dan menjadi berbeda dari bika atau kue bingka khas melayu. Bika Ambon tampaknya mulai beradaptasi dengan laju waktunya. 

Sekarang, bika ambon tidak lagi hanya kuning, tapi berbagai varian warna sudah dapat ditemukan menurut selera. Sekarang bika dibuat dengan rasa pandan, tetapi beberapa juga mengembangkan dalam varian rasa lain, seperti, durian, keju, coklat. Area yang banyak penjual bika ambon adalah daerah jalan Majapahit. 

Daerah Jalan Majapahit sangat sibuk menjual bika ambon sejak 1980-an dan menjadi pusat dari bika ambon penjualan di medan. Pada 1970-an, bika ambon selalu disajikan sebagai camilan untuk menikmati es krim. Nama bika ambon itu unik. Meskipun ada kata ambon di namanya, tapi itu tidak berarti kue bika ambon datang dari Ibukota Provinsi Maluku. 

Kehadiran bika ambon berbeda nama dan lokasi asal menuai banyak kontroversi. Bika Ambon sangat menyenangkan kemudian menjadi sangat populer di medan dan menjadi fenomenal untuk banyak cerita tentang asal-USUL BIKA AMBON. Dalam Kitab Portugis bunga angin di nusantara, jejak budaya Portugis Di Nusantara (2008) Oleh Paramita R Abdurrahman, menyebutkan bahwa salah satu peninggalan portugis di maluku adalah tradisi kuliner. 

Di antara berbagai jenis kuliner yang diperkenalkan kepada penduduk setempat, salah satu dari mereka adalah bika. Tapi tidak ada yang bisa menjelaskan bagaimana kuenya dibawa atau diperkenalkan oleh suku ambon ke medan, atau bagaimana ia bisa bernama BIKA AMBON.

Beberapa cerita tentang asal-USUL BIKA AMBON
Cerita pertama yang bilang, bika ambon bernama jadi karena tempat pertama terjual dan populer bika ambon adalah di persimpangan jl. Ambon sei kera medan. Lalu sumber lain mengatakan, nama bika ambon berasal dari warga ambon yang bermigrasi ke malaysia dengan bika kue. Setelah mengetahui rasanya enak, orang tersebut tidak kembali ke ambon lagi, tapi berhenti di medan. Jadi sejak empat puluh tahun yang lalu bika ambon menjadi sangat terkenal di medan.

Cerita lain mengatakan bahwa setelah ada area yang disebut amplas yang kemudian dibagi menjadi dua wilayah, barat dan timur dari sungai. Sisi Barat sungai sering disebut sebagai " Pabrik " karena ada pabrik pengolahan latex, dan di timur sungai sering disebut sebagai " kebbon " karena ada barak atau perumahan pekerja dan tembakau dan pantai surga. 

Bika Ambon adalah mengatakan untuk diperkenalkan oleh seorang pekerja transmigrant dari Yogyakarta yang membuat kue bika ambon pasar dan di medan. Pada waktu itu, jarak dari amplas ke medan diambil dalam setidaknya 1 sampai 2 jam dan tempat pemasarannya adalah kesawan, perdagangan, kereta api, dan sekitarnya. 

Hasilnya, orang Belanda benar-benar suka rasa kuenya. Ini kemudian membuat pedagang cina pasar inisiatif untuk membantu dan bekerja sama dalam pemasaran bika ambon dibuat oleh para pekerja. Akhirnya, kehadiran bika ambon sangat populer dan membuat warga transmigrant lain juga berpartisipasi dalam keuntungan bisnis. Dan nama bika ambon itu sendiri berasal dari bika " Amplas-kebbon " yang acronymized ke " bika ambon ".

Cerita berikutnya, dikatakan bahwa selama era Belanda saat masih di tanah deli, percobaan cina dengan kue. Dia melakukannya di rumahnya, tidak jauh dari jalan Majapahit, medan. Setelah dimasak, kue lalu mencoba pembantu, seorang pria dari ambon. Pria yang benar-benar menyukai kue, untuk memakannya dengan lahap. Itulah mengapa cerita ini disebut bika ambon.

Cerita lain analisis sejarah penamaan bika ambon oleh bahasa. Menurut dia, ambon bukan sebuah istilah yang serikat nama jalan di mana bika ambon adalah populer, berikan orang yang membawa ini bika ambon, atau akronim dari nama asal dari bika ambon, tapi istilah dalam bahasa Medan berarti lembut.

Sampai sekarang, tidak ada yang berhasil memastikan sejarah bika ambon. Itu, masih ada jejak sosiokultur yang belum ditemukan pada sepotong kue bika ambon ini. Dan, ini menarik untuk menjelajahi.

Saat ini, selain souvenir khas dari medan, bika ambon juga sering digunakan sebagai hidangan untuk idul fitri. Bika Ambon sangat pas jika disajikan sebagai hadiah untuk para tamu. Meskipun untuk membuat itu membutuhkan waktu yang lama, hingga satu malam atau 12 jam, tapi itu akan dibayar dengan kegembiraan dan kenikmatan. Bika Ambon Selain proses membungkam adonan yang lama, anda juga harus mempertimbangkan membuat resep bica ambon adalah ketika membuat kue.

Beberapa toko yang menjual bika ambon ini di medan seperti bika ambon Zulaikha, dan beberapa tempat yang menjual pada harga yang relatif murah. Dengan ini bika ambon kukus sebagai hidangan yang sangat dicari kuliner makanan, tapi juga bisa membelinya, tapi anda juga dapat membuat kue bika ambon ini. Di sini ceritamedan hadiah resep serta cara membuat kue bika ambon lezat.

Postingan Populer