Selasa, 13 Juni 2017

Kerak Telor Betawi, Makanan Khas Indonesia Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jakarta


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Kerak Telor, Siapa yang tidak tahu kerak telor? Ya, makanan yang satu ini sangat terkenal oleh semua orang dari Indonesia. Kerak telur yang ikonik adalah makanan khas dari ibukota negara kita indonesia, salah satu dari makanan lezat yang lahir dari tangan orang betawi yang selalu dicari oleh para penikmat kuliner jika berkunjung ke ibukota jakarta.



Kerak telur telah ada sejak era kolonial Belanda. Semuanya dimulai dari puluhan tahun yang lalu di mana makanan lezat ini dibuat oleh kecelakaan atau coba dari sekawanan betawi orang yang tinggal di daerah menteng dari ibukota jakarta. Pada waktu itu di jakarta atau dulu dikenal sebagai batavia masih memiliki banyak pohon kelapa yang tumbuh untuk bertemu area Batavia, karena jumlah pohon kelapa yang tumbuh masyarakat betawi sangat memanfaatkan hasil buah kelapa.

Di sekitar 1970-an suku betawi mulai berkelana menjajakan kerak telor di area monumen monas, perlahan tapi pasti satu ini makanan mulai menarik orang-orang yang datang ke jakarta, tidak hanya sampai ada yang satu ini juga telah menjadi makanan-makanan orang elit Di waktu sebelumnya.

Ada dua jenis kerek telur bahwa kita tahu hari ini:
Kerak telur ayam: terbuat dari telur ayam
Kerak telur bebek: terbuat dari telur bebek

Now kerak telor has become the typical food of Jakarta capital, every big event like Jakarta fair, Jakarta fair, or event event that invite many people Kerak Telor always seen in the roadside, because the food vendors this one prefer to sell traditionally so that Can keep the typical food.

Dari Penjual kerak telur

Dari kelas atas ke lingkaran bawah sangat menyukai kerak telor karena hal ini sangat enak dan membuat ketagihan untuk membuat makanan yang satu ini menjadi salah satu hidangan tradisional terbaik di Indonesia. Kami 7 th Presiden Joko Widodo adalah sangat menyukai makanan yang satu ini.

Di Era Kepemimpinan Gubernur Ali sadikinlah kerak telor mulai nyalakan dan dipromosikan keberadaannya dan tiba di kepemimpinan fauzi bowo, Joko Widodo dan basuki thahaja kerak telor selalu segelintir didahulukan jika ada acara acara besar dijakarta sampai Sekarang, meskipun sibuk mengurus masalah modal mereka selalu memperhatikan untuk hidangan tradisional betawi yang satu ini.

Makanan yang satu ini tidak lagi hanya bisa dilakukan oleh suku betawi, tapi sekarang banyak orang yang bisa membuat kerak telur, karena resep yang satu ini telah banyak beredar di toko buku dan di internet. Selain penjual makanan ini juga kebanyakan tidak didominasi oleh suku betawi lagi, ada banyak orang indonesia yang menjual makanan yang satu ini, bahkan jadi makanan ini masih dikenal oleh makanan khas betawi asli.

Selain menjual di jakarta, makanan ini juga ramai di jajakan di daerah lain di Indonesia dan luar negeri juga ramai di jajakan, seperti di Malaysia, Amerika dan Arab Saudi, makanan ini adalah pergi international, dan sudah

Harga dari kerak telur juga sangat bervariasi tergantung pada lokasi dan porsi makanan ini dijual, makanan ini dijual seharga Rp. 10,000 untuk kerak telur ayam dan Rp. 15,000 untuk kerak telur bebek, jika lokasi penjual di daerah elit atau acara yang cukup besar dari kerek telor harga relatif lebih mahal.

Postingan Populer