Kamis, 08 November 2018

Marketing Strategi Cumi.id Rental Marketplace Costum Halloween


Kilas balik tentang tradisi Halloween. Dahulu, roh dan musim dingin bisa menyebabkan kerusakan dan kelaparan. Untuk mengatasi hal itu, orang Celtic akan mengumpulkan makanan dan memasukkan ternak mereka ke tempat yang aman. Selain mengamankan makanan, mereka juga mengadakan festival bernama Samhain. Dalam festival itu, orang Celtic akan berpakaian seperti hantu. Menurut kepercayaan orang Celtic, saat berpakaian seperti hantu, roh yang datang ke bumi akan mengira mereka hantu. Jadi, para roh tidak akan mengganggu mereka. Selain berpakaian seperti hantu, mereka juga menghias rumahnya dengan benda yang berhubungan dengan roh, misalnya batu nisan.

Sebelum memasuki bulan oktober pun sudah banyak sekali kostum kostum Halloween yang bertebaran di jual di supermarket dan toko toko. Kostum kostum ini ada yang kelihatan mengerikan, ada yang lucu, ada juga yang cantik, dan macam macam rupanya. Tempat tempat seperti mall, restoran, bar, biasanya mereka sudah penuh dengan kostum kostum Halloween dengan berbagai wujud para mahluk halus yang menakutkan.

Kebetulan pada saat hari Halloween ada parade kostum, saya sedang berada di Jakarta Selatan, tepatnya di daerah Kemang. Halloween di Indonesia bukan lah publik holiday. Jadi biasanya mereka yang ingin merayakannya, mereka pergi keluar dengan memakai kostum Halloween di bulan Oktober. Sekitar 10 orang keliling di jalanan dengan menggunakan ojek online dengan mengenakan kostum bertemakan hantu-hantu yang menyeramkan. Setelah ditelaah yang merencanakan parade ini ternyata adalah cumi.id, rental marketplace yang bergerak di bidang sewa-menyewa barang kebutuhan sehari-hari, termasuk kostum. 

Menurut para cosplayer, mereka menyewa kostum tersebut di aplikasi cumi.id. Cukup hanya dengan beberapa kali klik, lalu mereka bisa mendapatkan kostum yang mereka inginkan. Harganya pun bervariasi, mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 300.000. Cukup terjangkau bagi  muda-mudi yang ingin eksis pada perayaan Halloween tahun ini. Selain kostum seram, cumi.id pun menyewakan beberapa kostum yang unik seperti Marvel character, Disney princess atau onesie kostum. Selain kostum Cumi.id juga menawarkan penyewaan untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari pakaian pesta, aksesoris, peralatan bayi, mobil, hingga alat panggang barbeque untuk pesta dirumah. 

Ternyata, parade ini menyedot banyak perhatian masyarakat sekitar. Banyak turis turis dan warga lainnya yang juga join ikut nimbrung dan photo photo bersama mereka. Parade ini dilakukan sekaligus promosi cumi.id dengan tagline “Kalau bisa sewa, ngapain beli?”

Postingan Populer