Selasa, 13 Juni 2017

Cilok Bandung, Makanan Khas Indonesia Daerah Bandung, Jawa Barat


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Cilok Bandung, Mau cilok? Panas seperti ini enak ketika makan ringan dan pedas. Alhamdulillah sejak tinggal di bandung, sosok itu seperti pedas. Eh, tahu cilok kan? Cilok adalah makanan khas jawa barat. Makanan sunda pisan, terbuat dari ketela kenyal dengan herbal pelengkap tambahan seperti saus kacang, kecap, dan saus. 



Eh, tapi ada juga tablet di tempat lain dengan nama pentol, terutama di jawa tengah dan jawa timur. Bentuk cilok umumnya bulat seperti bakso, tapi berbeda pada bahan dasar. Daleman cilok dapat telur atau daging cincang. Nah, tapioka adalah terbuat dari tepung ketela pohon. Namanya jadi bervariasi tergantung pada wilayah tersebut. 

Di Jawa disebut tepung kanji di disebut sunda aci sampeu. Nah, ini cilok adalah singkatan dari aci dicolok. Ya, karena pada umumnya makanan ini presentasi adalah terjebak / ditusuk dengan menggunakan tongkat atau potongan bambu. Cilok adalah ciri di suppleness dan ekstra rempah-rempah. 

Jika cilok biasanya dimakan dengan saus kacang, kecap, dan saus, ada juga presentasi lain dari makanan ini. Salah satu yang naik atau cilok goang adalah kontemporer. Goang itu sendiri adalah nama cabai khas sunda. Pada dasarnya hanya dari tumbukan dari tusukan (Cayenne) dengan garam. Tapi sekarang ada banyak variasi dengan menggunakan berbagai jenis cabai dan rempah-rempah. Penambahan lain pangsit, tofu, cakar, pangsit, dan cakar ayam dengan kuas, hanya seperti bakso. 

Cilok goang berasal dari tasikmalaya tapi sendiri sejarah membingungkan. Tidak ada yang tahu persis kapan itu ditemukan dan oleh siapa. Yang pasti sekarang cilok telah menjadi makanan khas sunda yang populer dengan anak-anak, remaja, dan orang tua. Harga bervariasi dari Rp500 untuk Rp10 ribu. Nah, berikut ini adalah daftar tempat di mana anda dapat menemukan cilok goang terenak di bandung dan tasikmalaya.

Postingan Populer