Jumat, 26 Mei 2017

Sate Padang, Makanan Khas Indonesia Daerah Padang, Sumatera Utara


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Sate Padang,  Jangan pernah meragukan kota padang sebagai salah satu tujuan 'surga' untuk penggemar wisata kuliner. Kota di mana aku dilahirkan dan dibesarkan sampai usia cukup untuk pindah ke jakarta, adalah salah satu kota diisi dengan berbagai masakan yang layak untuk dipuji seperti yang selalu menggugah rasa. Sebut saja rendang sebagai salah satu makanan khas padang yang telah di seluruh dunia, yang tidak pernah mencoba? Ini hampir mustahil untuk dijawab. Hehehe.


Tapi padang bukan hanya rendang, guys! Kuliner Padang juga menawarkan kari otak sapi dan tunjang curry yang membuat kita puas akan saus santan yang lezat. Atau soto padang dengan daging sapi kering, serta kue, kerupuk merah, dan jelas. Atau martabak kubang? Atau ayam pop? Yah, banyak dehmenu khas padang yang bisa merusak lidah kita! Hanya pilih aja, kamu lagi selera makan yang mana. Sama seperti saat ini saya memilih untuk meninjau tentang padang sate.

Sate Padang dan sekilas sejarah

Tidak seperti kacang sate yang kita tahu sebagian besar di tanah jawa, padang sate itu benar-benar memiliki saus tebal terbuat dari tepung tepung beras, ditambah dengan berbagai rempah seperti lada merah, lemongrass, Jinten, ketumbar, jahe, galangal, kunyit , dan yang lainnya. Kadang-kadang, dalam saus sate ini juga menambahkan kacang, tapi tidak hanya membuatnya kacang-kacangan. 

Daging yang digunakan bukan daging atau kambing, tapi daging sapi atau daging kerbau. Tidak jarang, kita juga bisa menemukan jeroan yang terlihat seperti lidah, usus, paru-paru, atau jantung sapi. Untuk lebih enak dimakan, biasanya sate padang pedas rasa adalah dengan bawang goreng, dan ditemani ketupat atau khas padang kerupuk (kerupukjangek).

Jelajahi Nutrisi (2)

Hal yang menarik tentang padang sate ini ternyata, ketika sate dipanggang, daging sapi benar-benar dimasak dan siap untuk makan. Faktanya adalah sangat berbeda dari sate madura atau tegal sate, di mana daging menjadi dipanggang masih sangat mentah.

Mengenai sejarah padang sate sendiri, setelah browsing beberapa artikel terkait di internet, aku tidak bisa menemukan siapa sebenarnya pencipta ini sederhana tapi mengisi makanan. Aku hanya punya penjelasan bahwa padang sate telah berada di sekitar untuk waktu yang lama, dan pertama dikenal dari daerah padang panjang. Kemudian, karena ada beberapa peziarah dan pemuda yang belajar ke pariaman, kemudian membawa kuliner ini sate dari padang panjang ke pariaman. 

Menyesuaikan dengan karakteristik pariaman, kemudian padang panjang khas sate mengalami beberapa sentuhan baru di bumbu. Jadi, padang sate nanti dikenal tipe adatiga ditentukan berdasarkan daerah asal, yaitu sate padang panjang, sate pariaman, dan sate padang city. Meskipun penampilan berbeda, rasa, dan daerah, semua jenis sate umumnya masih dikenal sebagai sate padang.

Tiga jenis sate padang

Sate Padang khas padang panjangterkenalnya dengan saus kuning. Ini disebabkan oleh bumbu dapur disebut kunyit yang mendominasi pengolahan saus khas padang panjang. Sate dari jenis ini biasanya mengeluarkan aroma yang lebih kuat dan bumbu lebih banyak diucapkan.

Benar-benar berbeda warna dengan sate padang panjang, pariaman khas padang sate benar-benar memiliki saus merah. Ini diperoleh dari campuran cabe merah lebih, jadi selera khas pariaman cenderung lebih pedas.

Sementara itu, untuk sate padang kota, saus lebih terlihat coklat. Banyak mengatakan bahwa sate coklat sate adalah pergeseran atau kombinasi khas padang panjang dan pariaman khas.

Sate Padang juga berpengalaman

Selain mitos negatif tentang hal itu, daging sapi sering digunakan dalam porsi makanan khas minangkabauini yang dikenal berisi nutrisi yang tidak kecil, anda tahu. Dalam daging sapi kita mengkonsumsi, benar-benar mengandung protein untuk meningkatkan massa otot, besi untuk mencegah anemia, selenium, dan seng untuk meningkatkan kekebalan, vitamin B kompleks untuk meningkatkan konsentrasi dan memori, Omega 3 untuk mempertahankan sistem saraf pusat, dan juga lemak sebagai Sumber energi.

Meskipun erat-erat dengan kolesterol dan masalah tidak sehat, selama daging sapi atau pasta sate dinikmati dalam porsi yang tidak berlebihan, tidak diragukan lagi konten nutrisi akan menjadi manfaat maksimal untuk tubuh anda! Hehe, jadi walau sate padang ininagiiiiiih lho, jangan terlalu serakah makan itu ya! Ha ha ha.

Aroma rempah-rempah kuat, dan rasa pedas yang lezat yang mengguncang lidah, telah terbukti untuk membuat sate padang sebagai juara kuliner sepanjang waktu. Tidak hanya dinikmati oleh komunitas minang, sate padang juga berhasil meningkatkan selera penjelajah kuliner di luar negeri. Untuk itu, sebagai bahasa Indonesia, kita harus bangga memiliki harta berharga seperti sate padang yang membanggakan kepulauan!

Postingan Populer