Senin, 19 Juni 2017

Martabak Bangka, Makanan Khas Indonesia Daerah Bangka, Kepulauan Bangka Belitung


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Martabak Bangka | Di Indonesia, makanan khas bangka ada dua jenis martabak yaitu martabak manis dan martabak telur. Menurut kamus besar bahasa Indonesia, martabak manis adalah hidangan terbuat dari tepung, telur, gula, dan groundnut ditaburi dengan bubuk coklat, kemudian dilipat dan panggang. 



Sedangkan definisi dari martabak telur adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung (untuk lapisan luar) Dan adonan telur, daging sapi (Giling), dan rempah-rempah (untuk isi) yang kemudian digoreng.

History of Martabak Manis

Martabak manis atau awalnya bernama hok lo pan awalnya makanan khas bangka belitung. Hok lo pan atau martabak yang dibuat oleh hakka (Khek) orang kabupaten. Satu-satunya di dunia, Hakka (Khek) makanan suku yang menggunakan nama hoklo suku. Hampir semua orang di kota besar seperti di jakarta tahu martabak bangka, nama aslinya di bangka adalah hok lo pan (martabak).

Arti dari hurhiah hok lo pan (martabak) adalah hok hok lo pie. Hok lo pan (martabak) adalah kue yang sangat sederhana. Membuatnya tampak mudah. Hanya 12 menit menunggu hok lo pan (martabak) jadi. Menggunakan tepung terigu, mentega, berlumuran ditaburi dengan campuran coklat dan kacang biji wijen, atau bercampur dengan parutan keju wijen, lalu susu kental manis, selesai. Singkatnya seperti itu. Sekarang, isi di hok lo pan (martabak) bervariasi, ada pisang, stroberi, Blueberry, dll. Awalnya hanya hanya wijen.

Sejarah Martabak Telur

Setelah ditelusuri ternyata martabak kata adalah bahasa arab yang memiliki arti "dilipat". sejarah kue martabak sendiri juga cukup menarik untuk dicatat, berasal dari seorang pemuda dari jawa tengah tegal bernama Ahmad bin Abdul Karim tuduhan Kota besar dari semarang untuk perdagangan dalam 1930. 

Kemudian dia bertemu seorang warga india bernama Abdullah bin Hasan Al-Malibary adalah pandai memasak dan menjadi teman. Satu kali Abdullah yang datang dari india diundang ke halaman dari ahmad dan memperkenalkan dengan adiknya, dan pengenalan yang mengakibatkan pernikahan antara dua. 

Abdullah juga pandai membuat piring terbuat dari tepung disebut martabak, karena dia tinggal di indonesia sehingga membuat kue martabak yang lebih beradaptasi untuk lidah dari aksara jawa yang suka makan sayuran, yaitu martabak yang berisi sayuran dicampur dengan bahan lain. Karena makanan ini banyak disukai, banyak kerabat dan tetangga dari temannya Ahmad dan istrinya sedang diajarkan untuk membuat kue martabak, bahkan makanan ini juga sering diperkenalkan di berbagai acara di luar kota seperti pasar malam, serta acara sekatenan Di Yogyakarta dan dugderan di semarang. 

Dan sekarang martabak telur sangat populer di negara kita tercinta dan itu telah menyebar. Martabak telur unik yang memiliki rasa gurih, sering menjual martabak manis bersama dengan pedagang kaki lima di berbagai kota di Indonesia, sedangkan dua foods sangat jauh berbeda, atau mungkin ini karena namanya hampir mirip jadi pedagang yang menjualnya secara bersamaan .

Postingan Populer