Senin, 19 Juni 2017

Nasi Tiwul, Makanan Khas Indonesia Daerah Yogyakarta, Yogyakarta


Makananindonesiaraya.blogspot.co.id - Nasi Tiwul | Makanan khas yogyakarta yang satu ini adalah salah satu makanan yang legendaris seperti masyarakat jawa, terutama orang-orang dari Yogyakarta dan jawa tengah. Namanya Tiwul.



Apa tiwul?

Tiwul adalah makanan tradisional dari gunung kidul terbuat dari ubi kayu olahan. Makanan ini sangat unik, selain rasa yang sangat khas, tiwul juga dapat digunakan sebagai makanan pengganti nasi. Makanan ini sudah terkenal sejak dahulu kala dan menjadi salah satu warisan kuliner bagi warga di Yogyakarta, terutama wilayah gunung kidul.

Tiwul termasuk makanan yang sangat bersejarah karena itu sudah ada sejak jaman dahulu. Secara historis, selama periode kolonial, makanan ini adalah membuat makanan pokok untuk komunitas dan dimakan dengan lauk dan sayuran. Setelah Era Kolonial, makanan ini masih berfungsi sebagai makanan pokok saat stok beras habis sebelum panen.

Tiwul dibuat melalui beberapa proses. Dalam proses pembuatan, ketela pohon di peel dan pengeringan di bawah sinar matahari. Ketela pohon yang sudah dikeringkan oleh orang jawa biasa disebut dengan ubi kayu. Ubi kayu ini kemudian ditumbuk sampai halus dan menjadi seperti tepung. Kemudian tepung adalah dikukus sampai matang dan menjadi tiwul. 

Dalam presentasi, biasanya tiwul disajikan dengan ditaburi parutan kelapa. Tapi itu juga bisa disajikan bersama dengan lauk atau sambal. Tiwul memiliki sedikit rasa manis dan memiliki aroma alami ketela pohon, jadi ini memiliki selera khas makanan ini. Selain itu, tekstur adalah pullen dan segumpal darah untuk memberi sensasi ketika kita memakannya. 

Tiwul diyakini sangat berguna untuk tubuh kita, karena ia memiliki konten kalori lebih rendah daripada beras. Tiwul juga dapat mencegah penyakit seperti penyakit gastritis dan penyakit perut lainnya. Selain Gunung Kidul, tiwul juga telah menyebar ke berbagai tempat di Yogyakarta. Makanan ini sangat mudah ditemukan di pasar tradisional. 

Selain itu ada juga banyak warung makanan khusus yang menjual makanan yang satu ini, dan presentasi lebih bervariasi dalam cara yang lebih modern. Baik untuk orang-orang yang berkunjung ke jogja, makanan yang satu ini pasti sangat menarik untuk mencoba. Beberapa perkenalan tentang "tiwul makanan tradisional dari gunung kidul, Yogyakarta". semoga bermanfaat dan meningkatkan pengetahuan anda tentang kuliner tradisional di Indonesia.

Yuk cinta dan mengelilingi kuliner tradisional di Indonesia!

Postingan Populer